Nintendo Dalam Misi Pengembalian Momentum Wii


Wii sekarang ini sudah memasuki tahun ke-3 semenjak perilisannya dan memang itulah waktu yang dibutuhkan oleh Nintendo sampai di tahap mereka terpaksa menurunkan harga konsol mereka dari harga US$249 hingga menjadi US$199. Keuntungan di Nintendo sekarang ini juga telah menurun sebesar 52% dibandingkan dengan pertengahan tahun pertama dan itu semua dikarenakan penjualan Wii yang menurun dan sudah pasti sang presiden, Satoru Iwata, tidak senang dengan hal tersebut. Penjualan Wii di Jepang sekarang ini telah menurun di bawah angka 50.000 unit setiap minggunya dan di Amerika, total konsol PlayStation 3 yang terjual bahkan berhasil melewati Wii pada bulan September lalu.

"Seperti yang sudah kamu ketahui, situasi dari Wii yang sekarang ini tidak dapat dikatakan sehat," komentar Iwata. "Penurunan harga memang tidak terlalu memiliki dampak di Jepang ini apabila dibandingkan dengan negara bagian lain. Sekarang ini adalah misi yang sangat penting bagi kami untuk menyembuhkan dan mengembalikan momentum dari Wii saat liburan ini dengan meningkatkan lagi kekuatan yang ada pada Nintendo."

Walau Nintendo bisa dikatakan tidak senang dengan performa Wii yang sekarang ini, tapi perlu diingat bahwa Nintendo juga telah menjual Nintendo DS sebanyak 113.5 juta unit di seluruh dunia dan 56.14 juta unit Wii. Perusahaan tersebut sebenarnya masih termasuk berada dalam kondisi yang cukup bagus dan mereka masih tetap mendominasi pasaran game. Tapi apakah mereka bisa bertahan dengan keadaan mereka yang tampaknya justru semakin buruk ini? (KotakGame)