Infinity Wards: Developer Harus Tangani Masalah Pemasaran


Call of Duty: Modern Warfare 2 tidak hanya akan menjadi salah satu dari game yang paling banyak ditunggu, tapi juga akan menjadi game yang paling ekstensif dan juga memiliki cara pemasaran yang paling tepat. Menurut Robert Bowling, community manager dari Infinity Ward, itu dikarenakan oleh pendekatan yang dilakukan oleh developer terhadap cara pemasaran game tersebut.

"Kami mengetahui apa saja yang perlu kami ketahui mengenai Modern Warfare 2," kata Bowling. "Kami bukan hanya tahu mengenai gamenya, tapi kami juga tahu mengenai gamernya. Kami tahu apa yang akan kami harapkan dari mereka dan apa yang mereka harapkan dari kami. Jadi itu membantu kami untuk menentukan keputusan mengenai desain serta keputusan secara keseluruhan, termasuk juga dengan pihak PR. Ada beberapa hal yang cukup bagus untuk press release dan ada beberapa hal lain yang akan lebih bagus apabila dipresentasikan dengan cara yang lebih santai, seperti melalui Twitter."

Bowling sendiri telah mengungkapkan beberapa inti permainan dari Modern Warfare 2 dan juga fitur-fitur yang ada dan ia merasa bahwa developer-developer yang lain juga harus mengikuti langkah mereka.

"Saya rasa sangatlah penting bagi para developer untuk memiliki kekuatan seperti itu," jelas Bowling. "Saya tidak merasa bahwa setiap developer yang ada tidak boleh memiliki kontrol tentang bagaimana game mereka dipresentasikan atau dipasarkan atau dikomunikasikan dan mereka harus bisa lebih banyak mengendalikan hal tersebut. Itu sebabnya kenapa saya memulai account Twitter. Saya memiliki hubungan langsung dengan para konsumen dan juga pihak pers. Banyak editor yang akan mengikuti perkembangan saya dan mereka bisa langsung memberikan pesan secara langsung kepada saya dan saya bisa mengklarifikasikan hal-hal tertentu. Sama sekali tidak ada orang tengah. Kami bertanggung jawab langsung untuk apa yang kami katakan dan apa yang kami lakukan dan kami bisa bertanggung jawab atas kesuksesan dan kegagalan kami." (KotakGame)