Tekken 6 Resolution Tech


Sebuah trik unik diterapkan oleh Namco pada game Tekken 6, dua buah mode grafis disediakan untuk menyesuaikan selera pemainnya. Mode grafis di sini yang saya maksud adalah tersedianya pilihan fitur Motion Blur Off/On yang bisa dirubah kapanpun dan (uniknya) perubahan pilihan tersebut akan memberikan dampak bagi resolusi game saat dimainkan.

Berdasarkan pengamatan seorang member senior Digital Foundry dan Beyond3D bernama MazingerDude, diketahui bahwa terdapat perbedaan resolusi setiap kali pemain merubah settingan Motion Blur Off/On. Pada kedua versi Xbox360 dan PS3, settingan default game dengan Motion Blur On akan menghasilkan resolusi sub HD pada 1024×576 tanpa anti aliasing sama sekali.

Apabila pemain tidak menyukai efek blur yang mengganggu, maka dengan menonaktifkan fitur Motion Blur akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam (tanpa blur) dan tambahan fitur lainnya. Versi Xbox360 akan merubah tingkat resolusi menjadi lebih tinggi yaitu 1365×768 tanpa anti aliasing, kemudian didownscale lagi menjadi 1280×720 untuk meminimalkan efek aliasing, sedangkan versi PS3 walaupun Namco tidak mengupgrade resolusi asli gamenya namun tetap menambahkan fitur 2x Multi Sampling Anti Aliasing pada resolusi yang sama (1024×576).

Perbedaan ini bisa terjadi karena penggunaan fitur Motion Blur sangat menguras tenaga GPU dan pada mode ini pihak namco juga harus meningkatkan kualitas texture filtering untuk mengakomodasi rendahnya resolusi yang digunakan. Hal ini sangat terlihat bila anda bandingkan empat screenshots di atas yang akan menunjukkan bahwa detail texture pada mode Motion Blur On lebih tajam namun memiliki aliasing lebih banyak dari mode Motion Blur Off.